3 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Jaringan Wi-Fi

Jaringan internet tanpa kabel (Wi-Fi) sudah menjadi kebutuhan utama untuk setiap perusahaan. Apabila sebelumnya internet hanya dapat digunakan menggunakan sambungan kabel, kini penggunaan internet dapat menjadi lebih mudah dan nyaman menggunakan jaringan Wi-Fi.

Untuk menjaga agar kualitas jaringan Wi-Fi Anda tetap dalam kondisi yang prima, ada 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

1. Penempatan perangkat Access Point
Perangkat Access Point (AP) adalah perangkat yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang radio.Penempatan perangkat AP sangat menentukan kualitas jaringan Wi-Fi. Perangkat AP harus diletakkan di posisi yang tepat sehingga dapat memberikan kualitas sinyal radio yang baik untuk semua perangkat penerima baik smartphone ataupun komputer.

2. Jumlah pengguna
Banyaknya pengguna sangat mempengaruhi kualitas jaringan Wi-Fi. Jumlah pengguna ditentukan bukan hanya dari jumlah orang yang menggunakan jaringan Wi-Fi, tetapi ditentukan dari banyaknya jumlah perangkat penerima yang menggunakan jaringan tersebut. Asumsi umum yang digunakan dalam perhitungan jumlah pengguna adalah satu orang biasanya menggunakan dua buah perangkat penerima, yaitu satu smartphone dan satu komputer. Dengan mengetahui jumlah pengguna secara tepat, kita dapat melakukan pemilihan perangkat jaringan yang sesuai sehingga kualitas jaringan yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan seluruh pengguna.

3. Jenis aplikasi yang digunakan
Faktor lain yang mempengaruhi kualitas jaringan Wi-Fi adalah jenis aplikasi yang digunakan. Secara umum, aplikasi yang digunakan dapat dibedakan menjadi 4 (empat) tipe, yaitu suara (voice call), video (video call), best effort (aplikasi lain selain suara dan video), dan aplikasi background (aplikasi lain yang tidak memerlukan pertukaran data yang cepat, misalnya email atau file download). Dengan mengetahui jenis aplikasi yang digunakan, kita dapat memperhitungkan dengan tepat kebutuhan bandwidth yang optimal untuk jaringan tersebut. Penggunaan bandwidth yang optimal akan memberikan kualitas jaringan Wi-Fi yang baik kepada seluruh pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Penempatan perangkat, jumlah pengguna, dan jenis aplikasi yang digunakan adalah tiga hal yang mempengaruhi kualitas jaringan Wi-Fi. Dengan memperhatikan ketiga hal ini, jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan akan bekerja dengan baik untuk membantu kelancaran operasional perusahaan dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Download artikel ini disini.

PT Giga Forte Teknologi adalah penyedia jasa infrastruktur internet dan telekomunikasi untuk perusahaan dan organisasi. Kami membantu pemilik perusahaan dan manajer untuk meningkatkan profit dengan cara mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi jaringan IT dan telekomunikasi.
Produk dan jasa kami di antaranya adalah perangkat dan jaringan LAN (Router, Switch, dll), Access Point dan jaringan Wi-Fi, PABX dan jaringan telepon, pesawat telepon, dan sistem penghematan pulsa.

PROMO AKHIR TAHUN
Free Wi-Fi Assessment!

senilai Rp. 750.000
Segera lakukan Wi-Fi Network Assessment untuk mengetahui:
– Apakah kualitas jaringan internet Anda sudah baik
– Apakah perangkat dan desain jaringan Anda sudah optimal

CALL NOW!
0815 1036 1486
021 2284 4906

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *